Mengenal bitcoin yang sedang ramai dibicarakan

IPOTPAY

 

Banyak diantara kita yang masih belum tau tentang bitcoin, disini saya akan mengulas dengan singkat tentang bitcoin yang sedang ramai dibicarakan ini.
Seiring berkembangnya transaksi di internet, kini muncul mata uang vitual baru yang diberi nama bitcoin. Sejak tahun 2009 mata uang ini mulai di gunakan sebagian dari para pelaku e-commerce di seluruh dunia.

Sejarah munculnya bitcoin
Bitcoin merupakan sebuah mata uang virtual yang digunakan untuk bertransaksi online. Mungkin ada yang bertanya-tanya akan bentuk dari bitcoin ini. Bitcoin ini tidak memiliki bentuk fisik seperti mata uang yang dikeluarkan oleh  bank, bitcoin juga bukan mata uang dari sebuah Negara. Bitcoin ini berupa file seperti file-file pada umumnya.
File ini merupakan sebuah enskripsi dari kode yang unik sehingga menjadikannya tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Seperti hal nya file yang ada pada computer bitcoin ini juga bisa di simpan kedalam flash disk yang dikenal dengan bitcoin digital wallet.


Pada tahun 2007 seorang ahli komputer dari jepang yang bernama satoshi nakamoto selama 2 tahun mencoba mengembangkan sebuah system mata uang virtual yang sama sekali tidak terikat oleh pihak mana pun dan mulai mengenalkannya di dunia internet, sehingga menyebar hingga saat ini. Tapi ada anggapan yang menyatakan bahwa nama dari penemu tersebut adalah nama fiktif.
Terlepas dari itu semua pada kenyataannya sudah banyak orang yang menggunakan bitcoin ini, dan tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang ikut meramaikannya.

 

Kekurangan dan kelebihan dari bitcoin
Kekurangan dari bitcoin ini adalah bentuknya yang berupa file, sehingga besar kemungkinan bitcoin rusak / hilang karena terhapus. Bitcoin menjadi alat transaksi karena ada kemauan dari para penggunanya dan tentu bitcoin bisa menjadi tidak memiliki nilai saat sudah tidak ada olagi yang menggunakan bitcoin.
Dibalik dari kekurangannya bitcoin juga memiliki kelebihan sebagai alat pembayaran yang simple. Bitcoin ini hanya bisa digunakan oleh pemiliknya untuk menjadi alat bertransaksi. Selain itu pengguna tidak perlu memberikan informasi pribadinya saat bertransaksi, sehingga informasi dari pengguna akan sangat aman.

Bagaimana cara mendapatkan bitcoin?

•    Bertukar bitcoin dengan teman dekat kamu.
•    Membeli bitcoin melalui penukaran Bitcoin yang sudah banyak tersedia.
•    Mendapatkan bitcoin dengan cara menambang disini.

 

Buat kamu yang sering berbelanja di dunia internet boleh saja mencobanya, tapi yang terpenting adalah untuk tetap bisa berhati-hati dan mengutamakan keamanan transaksi yang kamu lakukan.