Siapkan 3 dana ini agar finansial kamu menjadi mapan ketika pensiun

IPOTPAY


Masa pension adalah masa dimana kamu seharusnya menikmati usia tua kamu dengan lebih tenang, tapi hal ini tentu harus disiapkan sejak dini. Berikut adalah 3 jenis dana yang mesti kamu siapkan.

 

Investasi
Kamu dapat berinvestasi berupa saham atau dengan logam mulia. Jika kamu memulai investasi dengan saham manfaat yang akan kamu rasakan itu kamu bisa mendapatkan pengasilan dari pembagian keuntungan yang didapat dari tempat kamu menanam saham, selain itu saham juga dapat kamu wariskan pada sanak keluarga. Kemudian jika kamu berinvestasi dengan logam mulia keuntungannya itu adalah harganya yang terus meningkat seiring dengan kenaikan inflasi tentunya.

 

Dana dari penghasilan tambahan
Sudah pasti asik bukan jika penghasilan utama kamu ditambah dengan penghasilan tambahan.  Kamu bisa mengatur pendapatan utama kamu itu untuk pengeluaran rutin kamu. Sedangkan pendapatan tambahan kamu bisa kamu tabung guna masa depan kamu atau mungkin untuk mengembangkan sayap dari bisnis kamu, sehingga penghasilan kamu akan semakin bertambah.

 

Dana Darurat
Yang namanya dana darurat sudah pasti itu untuk hal yang tidak terduga. Kamu bisa sisihkan gaji kamu untuk dana darurat yang nantinya bisa kamu gunakan untuk keperluan tak terduga, tanpa harus mengambil dari uang tabungan yang kamu persiapkan untuk hal lain.

Itulah 3 jenis dana yang harus kamu persiapkan agar kelak dimasa depan nanti finansial kamu akan mapan. Selamat mencoba…