Ada di posisi berapa level finansial anda?

IPOTPAY


Dalam menuju keberhasilan dalam finansial ada beberapa tahap yang akan dilalui. Inilah beberapa tingkatan itu dan berada di posisi manakah kamu.

 

 

Finansial struggle

Tahap ini adalah tahap yang masih memperjuangkan keuangannya agar tidak “besar pasak daripada tiang”. Bagi orang yang berada di tahap ini adalah mereka yang terlalu konsumtif, sehingga pengeluaran akan lebih besar dari pendapatannya.

 

 

Good financial

Tahap ini adalah tahap dimana posisi finasialnya berada pada titik pendapan lebih besar daripada pengeluaran. Posisi ini dianggap lebih aman karena pendapatannya lebih besar dari pengeluaran, sehingga masih bisa menyisihkan sebagian untuk ditabung atau membuat usaha yang nantinya akan menghasilkan uang.

 

 

Financial free

Tahap ini adalah tahap ketika posisi kamu yang memiliki passive income yang sama besarnya dengan pengeluaran. Dan active income kamu dapat digunakan untuk berinvestasi yang lain untuk menghasilkan uang yang lebih banyak lagi.

 

 

Financial independent

Tahap ini adalah tahap ketika posisi kamu memiliki passive income yang 3x lebih besar dari pengeluaran kamu. Ini adalah tahap yang paling tinggi, karena secara otomatis kamu akan bisa meningkatkan gaya hidup kamu dan bisa memiliki apa yang kamu inginkan.

 

Nah itulah tingkatan posisi keuangan dalam mencapai kesuksesan finansial. Dan kamu ada di posisi yang mana? Pasti semua orang ingin mencapai posisi tertinggi, tapi patut diingat bahwa yang lebih utama itu adalah prosesnya bukan tujuannya. Jadi persiapan apa yang sudah kamu persiapkan untuk mencapai posisi itu.