Tips Mengatur Gaji untuk sebulan

IPOTPAY


Sering kita lalai saat gajian, dengan harus membayar tagihan bulanan dan keinginan memiliki suatu barang yang baru tak dapat terbendung. Akhirnya, baru setengah bulan kamu sudah kehabisan uang, terkadang sampai pusing kita dibuatnya.


Berikut tips untuk mengatur gaji kamu dalam sebulan.

Merancang anggaran belanja
Merancang anggaran belanja dirasa sangat penting saat kamu menerima gaji. Catat pengeluaran kamu tiap bulan dari hal yang paling sepele sekalipun agar semua pengeluaran kamu bisa tersusun dengan rapi. Dan kamu juga perlu untuk melihat anggaran belanja kamu dalam beberapa bulan kebelakang, agar kamu bisa tahu uang kamu itu dihabiskan untuk apa saja.


Buat satu rekening bank untuk menabung
Dengan memisahkan rekening yang biasa digunakan untuk berbelanja dengan rekening untuk menabung , hal ini akan sangat membantu sekali dalam membendung penggunaan uang yang berlebihan.
Pilihlah bank yang memiliki jaringan mesin ATM-nya sedikit dan pastinya juga dengan biaya administrasi yang rendah pula. Dengan begitu uang kamu bisa disimpan dengan aman.


Bayarlah semua hutang dan cicilan
Jika kamu memiliki hutang maka segeralah dilunasi agar lebih mudah lagi buat kamu untuk mengatur pengeluaran mu. Namun apabila hutang tersebut belum bisa untuk dilunasi dalam waktu dekat segera analisa pengeluaran mu sehingga kamu bisa perkirakan berapa kali lagi pembayaran hingga hutang tersebut bisa dilunasi. Perhitungkanlah dengan matang apabila kamu ingin membeli sesuatu dengan cara berhutang.


Buat data pengeluaran harian
Selanjutnya buat catatan tentang pengeluaran dan pemasukan setiap harinya, sehingga pada akhir bulan kamu bisa menganalisa mana pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan. Dengan begitu kamu bisa lebih teliti lagi dalam mengeluarkan uang. Setelah semuanya itu kamu lakukan maka kamu akan lebih mudah lagi untuk menyisihkan uang kamu untuk ditabung.

Hidup hemat itu bukan membuat kamu menjadi orang yang pelit dan kikir, justru membuat kamu lebih bijak lagi dalam menggunakan uang.