Mau Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan? Penuhi Dulu Syarat-syarat Ini!

IPOTPAY

Tidak sedikit orang yang mengajukan permohonan pinjaman tanpa agunan karena kebutuhan mendesak disertai kondisi ekonomi yang tidak stabil. Jenis pinjaman ini terdiri dari berbagai pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Jika Anda tidak mau berurusan dengan bank, ada lembaga-lembaga lain yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan dengan penawaran menarik.
Walau tidak ada agunan yang diminta, jenis pinjaman ini tetap memberlakukan syarat serta ketentuan yang harus Anda penuhi. Tentu saja syarat ini hadir bukan untuk menyulitkan Anda, melainkan supaya proses peminjaman berjalan lancar. Berikut ini daftar syarat yang harus Anda penuhi.


•    Warga Negara Indonesia
Pinjaman tanpa jaminan hanya disediakan untuk nasabah berkewarganegaraan Indonesia atau WNI. Untuk membuktikannya, Anda harus menyiapkan tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Siapkan pula tanda pengenal lainnya yang dapat dipakai untuk cadangan seperti SIM, STNK, akte kelahiran, atau kartu keluarga kalau dibutuhkan. Fotokopi tanda pengenal tersebut menjadi beberapa lembar untuk berjaga-jaga kalau dibutuhkan untuk keperluan lain.


•    Batas umur nasabah
Nasabah yang diizinkan untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau kartu kreditharuslah berusia antara 21 tahun sampai 60 tahun. Namun, ada juga yang menerima permohonan pinjaman dari nasabah yang berusia 18 tahun. Batas usia ini ditetapkan karena pada umur yang diizinkan, nasabah sudah punya pola pikir yang matang, sehingga tak akan menghambat proses peminjaman uang. Jangan paksakan diri kalau ternyata batas usia Anda tidak memenuhi syarat dari bank atau lembaga yang berkaitan.


•    Batas minimal penghasilan
Setiap lembaga yang menyediakan jasa pinjaman memiliki kebijakan berbeda terkait batas minimal penghasilan nasabah. Situasi dan kondisi ekonomi di daerah sekitar juga turut andil dalam penetapan syarat tersebut dan hal ini membuat UMR menjadi standar yang diberlakukan. Bagi nasabah yang punya penghasilan di bawah UMR, maka proses peminjaman yang dia ajukan akan sulit disetujui. Asumsinya, kalau kebutuhan sehari-hari saja sukar dipenuhi, bagaimana dia bisa mengangsur pinjamannya?


•    Limit pinjaman
Pinjaman tanpa jaminan yang dikeluarkan bank atau lembaga umumnya adalah pinjaman jangka pendek yang berkisar antara 15-30 hari. Nominalnya relatif besar, yakni dari Rp3.000.000 sampai Rp5.000.000, dengan bunga sekitar 30% dalam jangka waktu 30 hari. Jika Anda telat mengembalikan pinjaman, maka akan ada denda keterlambatan pinjaman. Misalnya, biaya keterlambatan di hari pertama Rp50.000 dan selanjutnya Rp10.000. Jadi, pastikan Anda menebis pinjaman kredit tanpa agunan tepat waktu.


•    Slip pendapatan/gaji/upah
Syarat terakhir yang harus Anda penuhi adalah ketersediaan slip gaji atau pendapatan per bulan. Maka tak heran kalau jenis pinjaman ini cocok bagi karyawan tetap yang tidak punya kartu kredit. Anda hanya perlu menyiapkan surat keterangan kerja dari kantor atau perusahaan tempat bekerja sebagai lampiran. Kemudian, pastikan juga Anda menyimpan beberapa lembar fotokopi slip gaji untuk persiapan di tahap-tahap selanjutnya.
Pelajari prosedur yang ditetapkan


Seperti yang telah disinggung, sebenarnya mengajukan permohonan pinjaman tanpa jaminan tidaklah sulit selama Anda tidak melanggar prosedurnya. Mengikuti syarat dan ketentuan tak hanya melancarkan proses, tetapi menjauhkan Anda dari kendala secara tekniks maupun non-teknis. Jangan ragu untuk bertanya kepada staf bank atau lembaga kalau Anda tidak memahami poin-poin tertentu. Jika sedang sibuk, Anda dapat memohon pinjaman tersebut dengan mengakses situs resmi bank atau lembaga yang menyediakan financial technology yang tergolong canggih.