Ini Dia Sejumlah Biaya Kartu Kredit Yang Wajib Anda Ketahui

IPOTPAY

Kartu kredit sejatinya memang memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk penggunanya dalam bertransaksi, entah itu untuk pembayaran langsung maupun secara online. Di samping itu, credit card juga seringkali memberikan berbagai penawaran menarik, seperti diskon produk sampai berbagai bonus menguntungkan lainnya. Namun tak jarang banyak pengguna yang penasaran tentang tagihan yang dikenakan pada kartu tersebut.

Jenis Biaya Yang Dikenakan Kartu Kredit

Walaupun Anda tepat waktu membayar tagihan pada credit card, terjadang masih saja Anda harus dikenakan biaya tambahan lainnya. Adapun beberapa tambahan biaya yang dibebankan tersebut, diantaranya :

1. Biaya Tahunan

Biaya tahunan biasanya dibebankan pada tagihan pertama ketika Anda memakai kartu kredit. Lalu dibayar saat Anda sudah memakai kartu ini selama satu tahun. Biaya tersebut berbeda pada tiap jenis kartu, diantaranya platinum, gold, classic, dan seterusnya. Jumlah biaya tahunan biasanya berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari pihak bank penerbit credit card itu sendiri.

2. Biaya Keterlambatan

Biaya keterlambatan dibebankan bila Anda terlambat membayar tagihan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan. Umumnya biaya tersebut sebesar 3% dari biaya total tagihan. Akan tetapi, ada beberapa pihak penerbit yang menetapkannya sesuai dengan batas maksimal.

3. Biaya Materai

Saat batas waktu penggunaan credit card tertentu, biasanya Anda akan dibebankan biaya materai. Dengan nilai berkisar antara Rp. 3000 sampai Rp. 6000. Hal ini tergantung dari jumlah tagihan yang telah diminta pihak bank. Memang tampak sepele, akan tetapi sebaiknya Anda perlu mempersiapkannya.

4. Biaya Bunga

Ketika Anda membeli sesuatu dengan pilihan kredit, umumnya bank akan membebankan sistem bunga. Adapun batasan suku bunga kartu kredit tersebut diatur Bank Indonesia yang jumlahnya dapat berubah sesuai kebijakan tertentu. Besaran nilai bunga maksimum di bulan Desember 2014 yaitu 2,95% tiap bulan atau sekitar 35,40% tiap tahun.

5. Biaya Tarik Tunai

Saat Anda melakukan transaksi tarik tunai menggunakan credit card, biasannya akan dibebankan bunga berkisar 3-6% terhadap jumlah dana tunai yang Anda tarik. Besaran bunga juga tergantung dari pihak bank yang menerbitkannya. Jika sering memakai fasilitas ini, alangkah baiknya Anda memilih pihak lembaga atau bank penerbit yang menetapkan bunga tarik tunai lebih rendah.

6. Biaya Konversi Mata Uang Asing

Untuk Anda yang hobi melakukan perjalanan bisnis atau berlibur ke luar negeri, pemakaian credit card kerap kali menarik biaya konversi mata uang asing. Dimana hal serupa juga berlaku bila Anda berbelanja online di web luar negeri. Akan tetapi, Anda tak usah khawatir sebab terkadang credit card pun menawarkan kemudahan bertransaki saat berada di luar negeri. Kemungkinan produk kartu Anda menyediakan nilai konversi mata uang melalui nilai bersaing. Dengan begitu, Anda tak akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahun potongan harga ataupun promosi yang berkaitan dengan biaya tersebut.

7. Biaya Kelebihan Penggunaan

Jika Anda menggunakan credit card melebihi limit yang ditetapkan, maka Anda pun akan dikenakan biaya tambahan sebagai denda.

8. Biaya Salinan Tagihan

Salihan tagihan pada credit card juga menjadi beban yang wajib dibayar. Kisaran biayanya sekitar Rp.5000 sampai Rp. 35 ribuan. Hal tersebut tergantung dari jenis credit card yang Anda miliki. Adapun untuk menyiasatinya, bisa meminta fotokopi atau salinan tagihan lewat surel.

9. Biaya Untuk Penggantian Kartu

Bila kartu Anda rusak atau hilang, maka Anda diwajibkan untuk membayar biaya atas penggantian kartu yang baru. Biaya tersebut tentunya tergantung dari kebijakan tiap-tiap bank penerbit.

10. Biaya Pengembalian Cek atau Giro

Biaya tersebut dikenakan jika Anda melakukan pembayaran tagihan credit card menggunakan cek/giro yang perlu diproses secara kliring. Umumnya biaya tersebut kurang lebih sebesar Rp. 25 ribuan.

11. Biaya Pembatalan Cicilan

Biaya yang satu ini dikenakan jika Anda telah melakukan pelunasan di awal transaksi tagihan sebelum batas waktu cicilan Anda berakhir. Jumlah biaya tersebut juga berbeda dari tiap-tiap penerbit kartu. Adapun kisarannya sekitar Rp. 200 ribu sampai Rp. 250 ribuan.

Itulah sejumlah biaya yang dibebankan pada kartu kredit yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!