Mengenal Keunggulan dan Kekurangan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

IPOTPAY

Dengan adanya KTA (Kredit Tanpa Agunan) seperti sekarang ini, memang mempermudah segala permasalahan keuangan setiap orang. Misalnya saja permasalahan Anda untuk memiih mobil atau rumah, ataupun kebutuhan dana darurat dengan cepat. Kredit tanpa agunan ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk persoalan tersebut. Namun sebelum Anda mengajukan kredit tersebut, ada baiknya mengenali keunggulan dan kelemahan untuk membantu Anda mempertimbangkan pengajuan pinjaman tanpa agunan tersebut pada pihak bank.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jika Anda tertarik menggunakan produk KTA ini, ada beberapa keunggulan yang didapatkan seperti berikut :

1. Persyaratan Lebih Mudah

Kredit tanpa agunan merupakan produk pinjaman tanpa syarat pengajuan jaminan dari pihak debitur pada pihak kreditur. Maka dari itu, hal tersebut akan sangat membantu Anda khususnya yang belum memiliki aset seperti mobil atau rumah. Untuk persoalan kelengkapan dokumen sendiri, biasanya bank hanya meminta persyaratan fotokopi KK (Kartu Keluarga), fotokopi KTP, dan catatan berupa pembayaran tagihan kartu kredit di bulan terakhir.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir dengan lengkap. Untuk pengisian formulir sendiri, terkadang Anda tak harus mendatangi bank secara langsung. Sebab ada beberapa bank yang telah menyediakan formulir secara langsung pada website mereka dan siap didownload. Hal ini tentunya semakin mempermudah Anda mengajukan pinjaman tanpa agunan.

2. Pencairan Lebih Cepat, Bahkan Bisa Kurang 3 Hari

Salah satu kelebihan KTA ini yaitu dapat digunakan untuk kebutuhan dana darurat maupun keperluan lainnya yang bersifat mendesak. Hal tersebut dikerankan bank tak membutuhkan agunan atau jaminan apapun dari pihak debitur, dengan begitu uang bisa cair hanya dalam 2-3 hari saja. Hal tersebut bisa terjadi tentunya jika Anda sudah memenuhi segala persyaratan yang diperlikan. Untuk Anda yang benar-benar memerlukan pinjaman secara cepat, hal ini tentunya akan sangat membantu.

3. Hampir Semua Bank Menawarkan Pinjaman Tanpa Agunan

Anda juga tak perlu kebingungan saat sedang mencari kredit tanpa agunan. Sebab saat ini ada banyak sekali pihak bank yang menawarkan jasa pinjaman tanpa agunan. Bahkan beberapa pihak bank tengah begitu gencar memasarkan produk tersebut, mengingat bahwa pangsa pasarnya relatif tinggi. Maka dari itu, saat Anda sedang memerlukan KTA maka Anda cukup menentukan pinjaman yang hendak dipinjam. Lalu langsung saja pergi ke pihak bank tersebut.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Di samping mempunyai kelebihan, produk KTA juga mempunyai beberapa kekurangan seperti berikut ini :

1. Bunga KTA yang Relatif Tinggi

Kelemahan yang dimiliki produk kredit tanpa agunan ini salah satunya yaitu bunganya yang terbilang tinggi. Adapun faktor penyebabnya yaitu produk tersebut tak menyertakan jaminan atau agunan ke dalam salah satu persyaratannya. Karena hal itulah, bunga yang ikut dibebankan pada cicilannya lebih tinggi. Hal inilah yang sedikit membebani debitr saat membayar angsuran.

2. Wajib Memiliki Kartu Kredit

Faktor inilah yang kerap kali membuat calon debitur gagal memperoleh produk kredit tnapa agunan. Sebab salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi calon debitur yaitu sudah memiliki kartu kredit setidaknya selama satu tahun. Meskipun tak memakai kartu kredit, maka Anda diwajibkan menjadi salah satu pengguna payroll dari bank tersebut. Walaupun persyaratannya tergolong mudah, akan tetapi hal ini perlu diingat sebab sangat krusial proses persetujuannya.

3. Masa Tenor yang Relatif Pendek

Kekurangan produ KTA berikutnya, biasanya bank hanya menyediakan produk pinjaman tanpa agunan untuk limit hingga Rp. 200 juta. Sebab tak sebesar limit dari kredit multiguna yang dapat disesuaikan dengan nilai agunan. Biasanya pemberian limit dari KTA tersebut dilihat berdasarkan limit kartu kredit calon debitur. Disebabkan limit yang bernilai kecil itulah, waktu tenor tersbeut pun menjadi pendek. Dengan begitu jumlah cicilan kredit yang wajib dibayar pun menjadi lebih besar.

Walaupun mempunyai kekuranga, namun pinjaman tanpa agunan tersebut sebenarnya dapat memberikan manfaat sangat besar. Hal tersebut tentunya dapat digunakan sebaik mungkin. Sebagai saran, sebaiknya carilah KTA dari suatu lembaga atau bank yang telah terpercaya sebab resikonya menjadi lebih kecil.