6 Kiat Sukses Agar Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan Anda disetujui

IPOTPAY

Pinjaman tanpa agunan atau lebih dikenal dengan KTA (Kredt Tanpa Agunan), merupakan pinjaman untuk perseorangan tanpa ada agunan atau jaminan. Kta merupakan produk dari perbankan yang saat ini sedang popular di masyarakat, sebab bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan dana secara cepat saat mendesak. Lantas, bagaimana cara supaya pengajuan kredit tanpa agunan Anda bisa disetujui pihak bank dengan cepat?

Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan Dengan Cepat

Kredit tanpa agunan adalah sejenis produk yang kian digemari pihak debitor saat memerlukan dana cepat, akan tetapi banyak dari pihak peminjam yang mengeluh jika pengajuan kreditnya sulit diterima pihak bank. Berikut ini beberapa tips sukses mengajukan pinjaman tanpa agunan agar disetujui pihak bank, diantaranya :

1. Pemakaian Kartu Kredit Dengan Bijak

Sekarang ini, pihak bank banyak mempersyaratkan para pemohon KTA untuk memiliki kartu kredit. Hanya saja yang menjadi salah satu faktor utama yaitu credit score dari pihak pemohon, dimana pihak bank mengharapkan Anda mempunyai credit scorebaik dengan penggunaan kartu kredit yang bijak serta tepat. Umumnya credit score itu sendiri tak bisa berubah dengan instan, tapi harus dibangun untuk waktu yang lama. Maka dari itu, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan credit score baik, diantaranya :

· Pemakaian kartu kredit tak melebihi 80% dari batas yang dimiliki.

· Rutin melakukan pembayaran tagihan kartu kredit dengan tepat waktu.

· Membayar kartu kredit berdasarkan tagihan.

2. Memiliki Catatan Rekening Baik

Catatan rekening bank merupakan faktor tertentu yang dipertimbangkan pihak bank dalam menyetujui pengajuan pinjaman Anda. Untuk Anda yang berprofesi sebagai karyawan, sebaiknya harus memperhatikan rekening koran dan slip gaji Anda. Umumnya pendapatan Anda nantinya dijadikan sebagai tolak ukur pihak bank dalam menentukan kemampuan Anda secara finansial. Pihak bank biasanya akan mengecek kemampuan keuangan Anda selama jangka waktu tertentu (umumnya sekitar 3-6 bulan), lalu jika pemasukan Anda plus biasanya bank pun mempertimbangkan menyetujui pinjaman yang Anda ajukan. Akan tetapi jika pemasukan Anda minus, berarti Anda tak sanggup menabung. Inilah yang membuat pengajuan pinjaman tanpa agunan Anda sulit disetujui pihak bank.

3. Pinjaman Tidak Macet

Pihak bank bisa melakukan pengecekan status utang dengan memakai BI Checking. Dengan begitu usahakan, supaya Anda tak mempunyai kredit atau utang yang macet. Faktor terpenting yang bisa membuat pengajuan KTA Anda disetujui pihak bank adalah riwayat pembayaran kredit. Pihak bank nantinya akan melihat kemampuan Anda untuk melunasi hutang. Untuk itu, hindari kredit yang macet maupun telat membayar kartu kredit Anda sebelum mengajukan KTA.

4. Jangan Pernah Memalsukan Data

Dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan ini, kejujuran merupakan faktor paling utama yang harus diperhatikan. Isi formulir pengajuan kredit Anda dengan lengkap, lalu berikan informasi di dalamnya yang terpercaya dan jujur. Biasanya pihak bank akan melakukan pengecekan semua informasi yang telah diberikan secara ulang, sehingga pemalsuan data justru hanya mempersulit proses pengajuan pinjaman Anda.

5. Proporsi Cicilan dan Penghasilan

Biasanya ada proporsi penghasilan vs cicilan yang diperbolehkan pihak bank. Nilainya biasanya sebesar 30% terhadap total pendapatan Anda. Mengapa demikian? Sebab tak adanya jaminan pada KTA tersebut, tentu membuat pihak bank wajib memastikan kemampuan Anda secara finansial terlebih dulu. Kemudian pastikan Anda membayar cicilan dengan sesuai. Maka dari itu, sebaiknya hitung pendapatan Anda terlebih dulu kemudian estimasikan berapa jumlah kredit atau cicilan yang bisa memenuhi persyaratan tersebut. Contohnya saja, bila pendapatan Anda sebesar Rp. 10 juta per bulannya, dengan begitu batas cicilan yang bisa diajukan tak melebihi 30% dari jumlah Rp. 10 juta tadi, yakni Rp. 3 juta.

6. Mudah Dihubungi

Sulit dihubungi merupakan faktor yang bisa mempersulit pengajuan KTA Anda. Maka dari itu, pihak bank ingin Anda memberikan nomor kontak atau telepon yang mudah dihubungi agar data-data Anda dapat diverifikasi dengan benar. Untuk itu, usahakan nomor handphone atau telepon yang diberikan mudah dihubungi  dan selalu aktif.

Itulah trik-trik sukses agar pengajuan pinjaman tanpa agunan Anda segera disetujui oleh pihak bank. Semoga bermanfaat!