Layanan perbankan pada era digital

IPOTPAY


Sudah seharusnya sektor perbankan untuk bisa memenuhi ekspektasi pada generasi digital saat ini, jika tidak maka dengan seiring berjalannya waktu para nasabah bank-bank konvensional akan segera meninggalkan bank tersebut. Tentu hal ini akan menjadi pembahasan dalam diskusi perbankan, yang bertajuk transformasi layanan perbankan menembus era digital.


Pungky p wibowo yang datang sebagai pembicara Head Group Of Ritel Payment System And Financial Inclution Bank Indonesia (BI), Adrian gunandi selaku CEO Investree dan A Prasetyantoko selaku Rektor Unika Atmajaya. “Transformasi pada industri perbankan tidak bisa terelakkan lagi” kata eko B supriyanto selaku moderator direktur biro riset infobank.


Agar bisa bertahan pada era digital setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan industry perbankan, di antaranya : bank harus menjalin kerjas ama dengaan fintech, atau membuat produk seperti produk fintech, tuturnya. Dia juga mengatakan “industri perbankan akan semakin berwarna dengan hadirnya perusahaan ristisan atau startup berbasis teknologi yang dikenal dengan financial technology atau fintech”.


Eko juga menerangkan “langkah ni sudah mulai dilakukan di beberapa bank, yaitu dengan menggandeng fintech untuk melengkapi produk mereka”. Bahkan ada juga bank yang sudah membuat produk fintech-nya sendiri.


Membangun digitalisasi membutuhkan proses, kedepannya bank-bank harus bisa mahir dalam menggunakan data analytics. Kemampuan ini dibutuhkan untuk bisa mendapatkan kesimpulan yang akurat dari setiap permasalahan yang dihadapi berdasarkan data mentah yang telah dikumpulkan, terang eko.  


Yang terakhir, eko juga mengungkapkan bahwa perbankan harus mampu mengoptimalkan digital marketing. Karena dengan digital marketing ini diharapkan bisa memasarkan produk secara massif, cepat, dan mampu menjangkau lebih luas lagi. Tapi tidak dapat dihindari jika leadership akan menjadi hal yang sangat penting dalam proses transformasi ini. Karena, tranformasi dalah keputusan yang sangat strategis yang tidak boleh gagal, katanya.