Mau tahu kenapa KTA kamu ditolak?

IPOTPAY


Dalam proses kredit tanpa agunan memang tidak memerlukan jaminan, bukan berarti bebas syarat pula. Kamu masih harus memenuhi setiap syarat yang diajukan pihak bank. Tidak jarang dijumpai dimana calon peminjam ditolak pengajuannya dengan alasan ini dan itu. Dalam hati bertanya sebenarnya apasih yang membuat pengajuan KTA kamu ditolak. Ini dia penyebabnya:
 

Kelengkapan serta verifikasi dokumen

Calon peminjam wajib mengisi formulir sebagai sumber informasi bagi pihak bank sekaligus menjadi tanda bukti yang sah. Data yang diberikan harus data yang falid dan jangan sekali-kali memberikan data palsu karena pihak bank akan melakukan pengecekan tentang kebenaran data kamu. Karena pihak bank akan menolak permintaan kamu jika informasi yang kamu berikan tidak benar adanya.

 

Besar pinjaman

Sebaiknya jumlah yang kamu ajukan jangan terlalu besar apalagi sampai melebihi batas dari kemampuan finansial kamu. Jumlah pinjaman harus realistis, artinya seimbang dengan penghasilan yang kamu dapatkan. Karenanya pihak bank juga akan mengukur apakah kamu mampu untuk mengembalikan pinajaman dan bunga yang harus kamu bayarkan.

 

Histori pinjaman yang buruk

Sepertinya masuk akal jika tidak ada bank yang akan menyetujui peminjaman KTA jika histori kamu mengenai pinjaman buruk pada masa lalu. Pihak bank akan melakukan pengecekan melalui bank Indonesia tentang riwayat pinjaman kamu selama ini. Jangan berharap KTA akan di setujui jika kamu memiliki riwayat peminjaman yang buruk sebelumnya.

 

Tidak memiliki modal yang cukup

Walau namanya kredit tanpa agunan yang artinya tidak ada jaminan yang perlu diberikan oleh kamu. Tapi pada kenyataan kamu juga tidak mungkin mengajukan KTA dengan tangan kosong. Karena bank juga perlu bukti akan keseriusan kamu dalam meminjam. Karena ada down payment sebanyak 30% dari harga mobil atau rumah, uang tersebut nantinya akan dibayarkan pada delaer mobil atau developer perumahan sebagai bukti keseriuasan kamu dan tentunya menghindari peluang kredit macet.

 

Kategori tempat kamu bekerja

Walau tidak semua bank memberikan syarat seperti ini, namun ada juga sebagian bank yang memberikan syarat tentang kategori tempat kamu bekerja. Karena menurut pihak bank ada beberapa tempat pekerjaan yang beresiko apabila pengajuan KTA di setujui. Hal ini dilakukan bukan tanpa alas an mengingat situasi ekonomi yang tidak menentu sehingga pihak bank akan sangat berhati-hati dalam menyeleksinya.
Itulah poin-poin penting dimana proses pengajuan KTA kamu bisa disetujui. Semoga setelah ini pengajukan KTA kamu bisa si setujui ya…