Kartu kredit kamu hilang? Inilah yang harus kamu lakukan.

IPOTPAY

 

Tidak sedikit diantara kamu yang mungkin pernah mendengar kartu kredit kerabat kamu, saudara atau mungkin malahan kamu sendiri yang mengalami kehilangan kartu kredit. Ketika mengalami ini kamu harus segera mengatasinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalah gunaan kartu kredit oleh orang yang menemukan kartu kredit kamu.
Saat ini banyak pencurian kartu kredit yang pastinya membuat was-was para pemilik kartu kredit. Karena walaupun itu bukan kartu kredit si pemilik aslinya kartu kredit itu sangat mudah sekali pemakaiannya, otomatis pencuri akan mudah menggunakannya untuk bertransaksi bahkan menguras semua isinya. Bayangkan jika ini terjadi, berapa banyak kamu akan membayar tagihan yang telah dilakukan oleh pencuri / orang lain yang telah menggunakan kartu kredit kamu itu. Hal ini lah yang di khawatirkan oleh pemilik kartu kredit.
Lantas apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi?  Dibawah ini adalah tips yang harus kamu lakukan jika kamu mengalaminya:

Laporkan sedini mungkin.
Tahap pertama adalah kamu member info kepada penerbit kartu bahwa kamu telah kehilangan kartu, semakin cepat kamu melapor maka semakin baik dan jangan kamu menunda lebih lama lagi.  Temukan nomor penerbit kartu, biasanya pihak penerbit kartu mencantumkannya pada tagihan bulanan kamu. Dan jika kamu memiliki akses internet maka kamu bisa akses website penerbit kartu untuk memudahkan kamu untuk melaporkan kartu kredit yang hilang.
Poin yang harus diperhatikan saat menghubungi penerbit kartu kredit adalah:
•    tanggal kehilangan kartu kredit,
•    nomor rekening atau kartu kredit yang hilang,
•    tanggal dan jumlah transaksi terakhir jika diketahui.
Sebagai tambahan penting juga untuk mengirimkan surat kepada pihak penerbit kartu walaupun kamu sudah menghubungi penerbit sebelumnya. Hal ini akan menjadi bukti bahwa kamu benar-benar sudah melaporkan kehilangan jika pihak penerbit mempertanyakannya di lain waktu.

Cek transaksi kartu kredit setelah kehilangan.
Hal ini bertujuan memastikan bahwa kartu kamu ada yang menggunakan diluar pengetahuan kamu atau tidak.

Ajukan klaim.
Ajakukan klaim jika ditemukan trasaksi diluar pengetahuan kamu. Saat mengajukan klaim sertakan juga bukti bahwa bukan kamu yang melakukan transaksi tersebut.

Minta kartu pengganti kepada pihak penerbit kartu kredit.
Setelah kamu melapor mintalah kartu kredit pengganti untuk kamu gunakan. Kartu itu akan dikirimkan ke alamat kamu dalam 24 jam atau lebih cepat lagi. Pihak penerbit akan melakukan verifikasi alamat dan penerima kartu pengganti tersebut di alamat yang dituju.

Simpan nomor referensi laporan kamu.
Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi keterlambatan dalam pengiriman kartu kredit pengganti kamu bisa meminta informasi dari pihak penerbit kartu kredit.

Pergunankanlah kartu pengganti dengan bijak.
Walaupun sangat jarang sekali, terkadang dalam penggunaan kartu kredit pengganti ini terjadi masalah kecil ketika menggesek kartu untuk bertransaksi. Jika hal ini terjadi maka kamu harus memasukkan nomor kartu kredit tersebut agar transaksi bisa berjalan lancar.

Simpan kartu kredit dengan baik dan benar
Simpanlah kartu kredit dengan baik agar kedepannya kamu tidak kehilangan kartu kredit lagi. Dan berikut adalah tips agar hal tersebut tidak terulang kembali:
1.    simpanlah kartu ditempat yang mudah kamu ingat dan juga aman, bawalah kartu jika memang kamu ingin menggunakannya.
2.    Jangan simpan di kantong sebelum dimasukkan ke dalam dompet.
3.    Jika disimpan dalam dompet maka kamu harus perhatikan kondisi slot dompet kamu apakah longgar atau sobek sehingga kartu mudah jatuh.
4.    Simpan nomor penerbit dari semua kartu kredit kamu, sehingga kamu akan lebih mudah melapor pada pihak penerbit kartu jika kartu kredit kamu ada yang hilang atau di curi.
Itulah tips jika kartu kredit kamu hilang, semoga kamu bisa jadi lebih berhati-hati lagi dalam menyimpan kartu kredit kamu.