Cara Mengatasi Ketakukan Finansial

IPOTPAY

 

Dalam kehidupan sehari-hari perasaan takut merupakan hal yang lumrah, karena semua orang pasti memiliki perasaan tersebut. Rasa tajut itu bisa meliputi apa saja, salah satunya adalah ketakutan dalam keuangan. Tidak bisa dipungkiri lagi dalam kehidupan kita tidak bisa dipisahkan dari uang, karena itu hal ini menjadi salah satu masalah yang banyak dikhawatirkan. Hamper semua aspek kehidupan ini selalu berhubungan dengan uang, maka dari itu kekhawatiran yang berlebihan akan melahirkan ketakutan.

Ketakutan finansial ini tetap akan dirasakan sebagian orang yang sudah mapan sekalipun, perasaan tersebut sih wajar saja terlebih semua kemapanannya itu diraih dengan cara bekerja keras dan membutuhkan proses yang panjang pula. Sudah dapat dipastikan hal ini tentu sangat menggangu apalagi jika ketakutan tersebut terus berlanjut.

Sangat penting bagi kita untuk bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang datang. Bukan hanya mengatasi ketakutan finansial saja, tetapi juga mengatasi resiko financial kedepannya.
Di bawah ini beberapa masalah financial dan bagaimana cara mengatasinya.

Income yang statik
Setiap tahunnya biaya hidup trus meningkat, yang seharusnya diimbangi juga dengan pendapatan. Tapi pada kenyataannya hal ini jarang terjadi, apalagi bagi para pebisnis yang beresiko lebih besar dalam keuangan. Meningkatkan kemampuan kerja yang baik dan optimal tentu akan bisa mengatasi ketakutan financial yang berkepanjangan.
Dengan belajar hal-hal yang baru akan bisa mendukung karir kamu lebih baik lagi. Karena masalah apapun akan lebih mudah untuk diatasi jika memiliki banyak skill dan wawasan yang luas.

Terkena PHK / bisnis bangkrut
Kondisi ini mungkin lebih buruk dari poin sebelumnya, karena sudah pasti semua pendapatan tetapnya akan hilang. Bagaimana cara menanggulanginya?
Investasi sejak awal merupakan langkah yang paling tepat. Investasi di sini bukan hanya berupa asset semata, tapi mencakup pengetahuan, wawasan, skill dalam berbagai bidang dan lain sebagainya.
Disinilah skill yang dimiliki akan terasa manfaatnya untuk sebagian orang yang ingin beralih profesi. Siapkan juga dana darurat karena kamu tidak pernah tau berapa lama menganggur selama mempersiapkan bisnis atau pindah di perusahaan lainnya.

Biaya perobatan yang tidak sedikit
Kesehatan adalah asset utama kita, jadi sangatlah penting untuk selalu menjaganya dengan semaksimal mungkin. Mengingat sehat itu mahal maka rawatlah kesehatan kamu dengan membiasakan hidup sehat sejak dini, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang.
Hal ini lebih baik dibandingkan harus berobat di rumah sakit. Asuransikan kesehatan kamu juga agar ketakutan financial kamu akan segera terlupakan.
 
Kehilangan aset yang berharga
Sebagai contoh disini salah satu aset yang berharga adalah rumah, akan sangat wajar kalau sebagian besar orang akan memiliki ketakutan yang berbeda atasnya. Jika terjadi sesuatu atas rumah tersebut maka kerugian tidak bisa di pungkiri lagi, walu dengan jumlah yang relative.
Agar asset-aset yang berharga tersebut tidak rusak atau bahkan sampai hilang rawatlah asset tersebut dengan baik. Gunakanlah jasa asuransi untuk asset-aset kamu yang berharga agar tidak menyesal dikemudian hari.

Hutang
Walaupun jumlahnya itu tidak banyak tetap saja masalah hutang ini tidak bisa dianggap remeh, karena hal ini juga akan menimbulkan ketakutan finansial bagi kamu. Agar kamu aman dan tenang hindari diri kamu dari berhuang, jika memang terpaksa untuk berhutang maka carilah pinjaman yang jumlah cicilannya dibawah 30% dari pendapatan kamu.

Tingginya Biaya Pendidikan
Semua menyadari betul betapa mahalnya biaya pendidikan saat ini, wajar jika merasa khawatir dengan masa depan anak mengingat besarnya biaya pendidikan yang tidak murah tersebut. Penting rasanya untuk kita mempersiapkan biaya pendidikan sejak dini, dengan memiliki tabungan pendidikan dengan jumlah yang tepat untuk kebutuhan si anak. Hal ini akan lebih mudah untuk di implementasikan terutama saat anak masih kecil.