Tips Belanja Dengan Kartu Kredit

IPOTPAY

Kartu kredit saat ini seperti menjadi prestise bagi orang yang menggunakan, banyak orang menganggap jika memiliki kartu kredit maka bisa membuat citranya sebagai orang yang berkelas karena bisa membelanjakan uangnya dengan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya jika Anda memiliki kartu kredit, Anda buang terlebih dahulu pemikiran yang demikian, sebab pemikiran itu hanya akan membawa Anda kepada tagihan kartu kredit yang membengkak yang tidak bisa Anda bayarkan. Karena biasanya saat orang tidak mengendalikan tindakannya pada saat menggunakan kartu kredit hanya akan membuatnya tidak sadar berapa banyak dana yang telah dihabiskan dan hanya akan terkejut saat melihat tagihan kartu kredit pada waktu tenggat pembayaran tagihan.

Jika Anda membelanjakan kartu kredit itu dengan cara yang benar maka kartu kredit benar-benar bisa digunakan dengan sangat bermanfaat bagi Anda, namun jika Anda tidak menggunakannya dengan baik maka hal itu bisa membuat Anda bangkrut dalam sekejap karena tidak membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Utang adalah hal yang harus Anda hindari sebisa mungkin apalagi utang pada bank, jika Anda tidak terpaksa maka sebaiknya tidak perlu mengambil pinjaman atau berutang pada bank karena Anda sendiri yang nantinya akan kesulitan. Maka dari itu dalam penggunaan kartu kredit Anda harus lebih pintar dan cobalah gunakan tips belanja dengan kartu kredit ini sebagai panduan bagi Anda :

Batasi Limit Kartu Kredit Sesuai Kemampuan

Agar Anda bisa lebih terbatasi dalam menggunakan kartu kredit itu maka sebaiknya pada saat Anda hendak membuat kartu kredit itu Anda menetapkan sendiri limit atau batasan penggunaan kartu kredit sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan samakan limit kartu kredit tersebut sebesar pendapatan yang Anda miliki setiap bulannya. Karena tentunya pendapatan Anda itu tidak hanya digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit Anda. Limit kartu kredit Anda harus jauh lebih kecil daripada pendapatan Anda, apalagi tidak semua hal bisa dibayar menggunakan kartu kredit maka dari itu tentunya tidak ada gunanya memberikan batasan yang sebesar dengan pendapatan Anda. Karena kebanyakan orang menggunakan kartu kredit untuk belanja maka dari itu hal ini harus bisa dikendalikan karena jika Anda memberikan limit yang besar Anda akan sangat susah mengendalikan keinginan Anda untuk belanja.

Pikir Sebelum Belanja

Kebiasaan belanja barang-barang yang tidak Anda perlukan sebaiknya harus Anda hentikan. Karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang, jika Anda sampai terlalu banyak membelanjakan uang Anda kini dan tidak memiliki tabungan yang cukup, maka Anda tidak memiliki jaminan sama sekali untuk masa depan. Terlebih bagi pengguna kartu kredit dengan mudahnya transaksi kartu kredit sering kali membuat Anda menjadi kalap dalam belanja, sebaiknya tetap berpikiran lurus dan belanja seperlunya saja saat menggunakan kartu kredit.

Periksa Point Reward

Setiap transaksi Anda menggunakan kartu kredit maka biasanya ada keuntungan berupa poin reward yang bila Anda kumpulkan maka nantinya point reward itu bisa Anda tukarkan dengan barang atau hadiah yang berguna untuk Anda. Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit yang membuat orang-orang merasa tertarik dengan penggunaannya, agar Anda bisa mengambil lebih banyak keuntungan dari kartu kredit ini maka Anda harus selalu memeriksa berapa banyak point reward yang Anda miliki agar bisa ditukarkan dengan hadiah dan Anda pun lebih untung sebagai pemilik kartu kredit. Semakin banyak point reward yang Anda kumpulkan maka tentunya semakin besar hadiah yang bisa Anda bawa pulang sebagai hasil dari penggunaan kartu kredit.