Membuang tradisi buruk dalam mengatur uang

IPOTPAY

 

Bukan rahasia lagi untuk mencapai finansial yang sehat kamu butuh perjuangan yang besar, walaupun sebenarnya perjalanan menuju tahap tersebut berawal dari perubahan-perubahan kecil. Mengambil keputusan guna merubah nasib keuangan kamu merupakan keputusan yang besar dan yang jauh lebih penting lagi bertindaklah sesuai dengan rencana keuangan disetiap harinya. Kamu bisa mengatur keuangan kamu tanpa harus merubah semua gaya hidup mu.


Mungkin sudah banyak yang menyarankan agar kamu mengurangi jajan yang berlebihan sampai berhenti merokok, namun saya rasa semuanya itu belum bisa untuk menyelesaikan masalah dikarenakan kemampuan orang yang selalu berbeda kemampuannya dalam menghemat.


Mungkin kamu harus belajar untuk bisa menghargai hutang. Seperti menggunakan hutang untuk berinvestasi dalam hal tertentu, tapi patut diingat seperti pedang bermata dua cara tersebut juga bisa merusak jika salah dalam menggunakannya.


Yang menjadi pokok permasalahannya itu bukan hutangnya, tapi bagaimana pemahaman kamu tentang hutang yang baik dan mampu menuntun kamu.


Tehnik paling dasar dalam mengatur keuangan yang baik adalah dengan menerapkan alokasi aset, dimana kamu bisa memulainya dahulu sebelum ke tahap yang berikutnya.


Bagi menjadi 3 jenis rekening dari dana yang kamu terima dari pundi-pundi uang kamu, yang pertama untuk tabungan, yang kedua untuk investasi dan yang ketiga untuk sedekah.
Akun tabungan digunakan untuk kamu gunakan di saat yang sulit, akun investasi kamu gunakan untuk menjadi asset melebarkan pundi-pundi uang kamu dan akun sedekah kamu gunakan untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan.


Untuk memulai kebiasaan baik pasti tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak godaan-godaan yang mencoba menggoyahkan semangat kamu, tapi sekali kamu memulainya, kamu akan terus maju dan akan merasakan hasil yang besar. Semoga dengan kebiasaan baik yang trus kamu kerjakan akan membuang tradisi buruk mu dalam mengatur keuangan.