Apa Saja yang Dapat Anda Manfaatkan dari Kredit Tanpa Agunan (KTA)?

IPOTPAY

KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan produk perbankan dengan fasilitas pinjaman tanpa harus membebankan nasabah dengan jaminan. Anda yang tidak mempunyai aset untuk agunan pun dapat memiliki KTA kalau sedang membutuhkan uang tambahan dalam waktu singkat. Selain itu, dana yang Anda dapatkan dari KTA pun dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan lainnya.
Setelah menemukan bank atau lembaga penyedia KTA yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan Anda mempelajari syarat dan ketentuannya baik-baik. Baru setelah itu, Anda dapat menentukan keperluan KTA untuk manfaat-manfaat berikut ini.


•    Dijadikan modal usaha
Sedang merintis bisnis dan membutuhkan modal tambahan? KTA sering kali dipilih para pelaku bisnis pemula yang tidak ingin menunggak utang atau menjaminkan aset-asetnya. Di sisi lain, supaya usaha yang sedang dikelola berjalan lancar, pastikan Anda mampu mengangsur cicilannya setiap bulan. Lalu, dengan mengambil KTA, Anda secara tidak langsung harus berkomitmen dan disilpin agar tidak dikejar-kejar debt collector atau bunga yang semakin membengkak kalau angsuran tidak dibayarkan. Sekali lagi, pastikan lagi kalau Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan sebagai modal usaha.


•    Membeli furnitur rumah
Sebuah rumah tentunya membutuhkan perabot atau furnitur, bukan? Akan tetapi, harganya yang mahal tak pelak menjadi penghalang bagi mereka yang punya biaya terbatas. Anda yang sedang menghadapi masalah serupa tidak perlu kebingungan lagi, karena KTA juga bisa dimanfaatkan untuk membeli furnitur rumah yang diperlukan. Bahkan tidak sedikit yang mengajukan pinjaman tanpa jaminan untuk membeli gawai terkini seperti ponsel pintar dan tablet. Namun, benefit terakhir kurang dianjurkan. Ingatlah prioritas yang benar-benar Anda butuhkan dan kemampuan membayar angsuran maupun bunganya.


•    Sebagai dana emergency
Musibah bisa datang kapan saja dan di mana saja tanpa menunggu kesiapan seseorang. Sebagai bentuk antisipasi. Bahkan terkadang hambatan menghadang saat Anda ingin membayar biaya pengobatan atau administrasi di rumah sakit. Dalam hal ini, Anda dapat mengandalkan KTA, karena proses pencairannya yang relatif cepat dibandingkan pinjaman lainnya. Dengan KTA, Anda akan memperoleh pinjaman dalam waktu satu minggu. Lain ceritanya dengan kredit multiguna yang membutuhkan waktu selama 2 minggu mengingat bank harus memeriksa dulu nilai aset yang dipakai sebagai jaminan.


•    Biaya liburan atau traveling
Banyak orang yang punya impian traveling ke luar negeri, tetapi tidak punya uang yang cukup. Tabungan dan kartu kredit kadang tidak membantu banyak kalau persiapan kurang matang. Solusi alternatif yang bisa Anda ambil adalah mengajukan permohonan kepada bank atau lembaga terkait. Rasanya memang aneh kalau harus meminjam dana untuk liburan. Namun, selama Anda mampu mengangsur tagihannya dan disiplin, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan KTA sebaga biaya berpelesir. Anda dapat memilih nominal terendah supaya tunggakannya tidak membengkak.


•    Bujet resepsi pernikahan
Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengadakan resepsi pernikahan megah di Indonesia? Angkanya bisa bervariasi; mungkin berada di angka Rp50-100 juta. Lumayan besar, bukan? Jika Anda termasuk orang yang berniat untuk menggelar resepsi mewah, tetapi butuh dana tambahan karena tabungan tak mencukupi, maka KTA dapat menambal kekurangan tersebut. Sebelumnya, Anda harus mendiskusikan keputusan ini dengan pasangan, sebab biaya kebutuhan sehari-hari selama berumah tangga akan jadi prioritas yang tidak boleh diabaikan.


Agar pencairan KTA lancar, tunjanglah denngan perhitungan pasti dan financial technology yang baik supaya Anda tidak terhalang utang atau bunga besar.