Mengenal Kartu Kredit

IPOTPAY

Di jaman yang serba canggih ini, pembayaran dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang secara langsung. Kartu kredit merupakan salah satu hasil dari semakin berkembangnya financial technology atau teknologi di bidang keuangan saat ini. Kartu kredit adalah salah satu produk perbankan yang mempunyai jenis transaksi ritel dengan sistem kredit yang menggunakan kartu dari bahan plastik sebagai alat transaksi. Kartu ini berbeda dengan kartu debit. Dengan kartu ini, pengguna akan diberikan pinjaman tanpa agunan oleh bank yang mengeluarkan kartu tersebut untuk melakukan berbagai transaksi pembelian dan pembayaran diluar uang yang ada dalam rekening tabungan pengguna. Kartu kredit mempunyai ukuran yang sama karena mengikuti standard ISO 7810. Dengan kartu kredit, pengguna bisa membeli atau membayar berbagai hal seperti barang dan jasa.


Manfaat Kartu Kredit Bagi Pengguna
Manfaat kartu kredit bisa dirasakan oleh pengguna kartu kredit. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh ketiga pihak tersebut:

  • Pengguna kartu kredit bisa menarik uang tunai melalui atm dengan menggunakan kartu kredit. Dalam menarik uang tunai bisa dilakukan di ATM yang terdapat diberbagai tempat. Terdapat batasan dalam menarik uang tunai yaitu tergantung pada limit atau batasan dalam kartu kredit.
  • Saat melakukan pembayaran atau pembelian, pengguna kartu kredit tidak perlu membawa uang tunai kemana saja. Sistem pada kartu kredit memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan menggesek kartu kredit pada suatu mesin pembayaran.
  • Pengguna kartu kredit tidak perlu mempersiapkan uang tunai di hari yang sama saat menggunakan kartu kredit. Hal ini terjadi karena tagihan kartu kredit akan dikirim oleh pihak bank penerbit setelah 25 sampai 30 hari pengguna melakukan transaksi pembelian.
  • Walaupun tidak terlalu penting, tetapi kartu kredit akan memberikan sedikit nilai sosial. Biasanya para pengguna kartu kredit akan memiliki kepercayaan diri yag tinggi. Karena untuk memiliki kartu kredit memerlukan beberpa persyaratan yang tidak semua orang bisa penuhi.
  • Adanya asuransi yang diberikan sebagai bonus penggunaan kartu kredit. Asuransi ini bisa berbentuk asuransi perjalanan, asuransi kehilangan barang, asuransi kesehatan hingga asuransi bantuan hukum.
  • Saat membeli barang dengan menggunakan kartu kredit pengguna akan diberikan perlindungan barang atau protection plan. Keuntungan ini bisa didapat baik bagi pembelian barang diluar negeri maupun didalam negeri.
  • Kartu kredit akan lebih diterima saat pengguna melakukan transaksi pembelian barang secara online dari luar negeri.
  • Kartu kredit juga bisa digunakan untuk menyicil pembelian barang elektronik seperti smartphone, laptop, televisi, dan lain sebagainya tanpa bunga.
  • Setiap menggunakan kartu kredit, pengguna akan mendapatkan poin yang jika diakumulasikan dapat ditukar dengan barang atau jasa tertentu.
  • Bonus lainnya yang diberikan kepada pengguna kartu kredit adalah potongan harga atau diskon baik toko offline ataupun online.

Tips Memilih Kartu Kredit
Jika seseorang ingin memiliki kartu kredit, tentunya harus memilih kartu kredit yang tepat. Hal ini agar tidak menimbulkan kesulitan bagi pengguna kartu kredit, khususnya pengguna pemula. Beberapa tips berikut bisa diterapkan dalam memilih kartu dengan sistem kredit tanpa agunan ini:

  • Memilih kartu kredit yang diterbitkan oleh bank yang terpercaya, mempunyai profesionalitas yang tinggi dan berpengalaman.
  • Memilih kartu kredit yang memberikan banyak keuntungan dan kemudahan saat melakukan transaksi pembelian atau pembayaran.
  • Memilih kartu kredit yang memberikan asuransi tambahan kepada pengguna kartu kredit.
  • Memilih kartu kredit yang minim biaya yang dibebankan atau value for money.