Tips Memilih Financial Technology dan Produknya Yang Tepat

IPOTPAY

Financial technology atau yang disingkat menjadi Fintech adalah salah satu revolusi yang berhasil dibuat untuk industri keuangan dengan teknologi yang ada. Layanan ini hadir untuk memenuhi dan memberikan berbagai macam fasilitas, yang akan mempermudah siapa saja, yang membutuhkan layanan keuangan secara cepat.
Ada berbagai macam layanan yang berhasil dikembangkan oleh financial technology tersebut, mulai dari masalah pinjaman uang, aneka pembayaran dan hal-hal lainnya. Ini juga yang membuat perkembangan industry financial technology di Indonesia berkembang cukup pesat. Untuk memilih penyedia layanan yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, antara lain :
1. Ketahui produk yang Anda butuhkan
Hal pertama yang perlu Anda pelajari adalah, produk financial technology yang Anda butukan. Seperti diketahui bersama layanan fintech ini memiliki beberapa macam produk, biasanya setiap pemberi layanan memiliki 1 produk, namun ada juga yang mempunyai 2 buah layanan.
Dalam hal ini Anda perlu mempelajari produk layanan yang dibutuhkan, misalnya produk perencanaan keuangan, investasi, atau pinjaman (baik itu pinjaman tanpa agunan, dll).
Dengan mengetahui hal seperti ini, maka Anda mudah menentukan penyedia layanan seperti apa yang dibutuhkan.
2. Ketahui aneka penyedia layanan financial technology yang ada
Berikutnya adalah mencari penyedia layanan yang ada. Sebagai contoh ketika saat ini Anda membutuhkan layanan dalam bidang pinjaman untuk melakukan Kredit Tanpa Agunan, maka Anda perlu menghubungi penyedia layanan financial technology yang bergerak dalam bidang pinjaman. Cari beberapa penyedia layanan, kemudian pilih salah satu yang dirasa paling tepat, dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.
3. Ketahui aneka persyaratan yang diberikan
Berikutnya adalah memperhatikan aneka persyaratan yang diberikan oleh penyedia layanan tersebut. Pastikan Anda mengetahui dan mempelajarinya dengan baik. Misalnya saja ketika Anda membutuhkan layanan pinjaman di salah satu penyedia financial technology yang ada. Biasanya penyedia layanan akan memberikan beberapa persyaratan antara lain, fotokopi KTP, kartu keluarga, kartu kredit, dll. Pelajari hal ini dengan baik, agar proses pinjaman yang Anda lakukan dapat diproses dengan cepat, dan cair dengan cepat pula.
Demikian juga ketika Anda ingin menggunakan jasa dalam bidang invetasi, pelajari aneka peryaratan yang diberikan, agar Anda mudah dalam melakukan investasi sekaligus menerima berbagai saran tentang investasi secara tepat.
4. Pastikan penyedia layanan dapat dipercaya
Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan penyedia layanan dapat dipercaya. Untuk hal ini, Anda perlu memastikan, apakah penyedia layanan memiliki izin resmi dari pihak BI, terdaftar di OJK, dan hal lainnya.
Selain itu, ketika Anda menggunakan aplikasi keuangan yang dimiliki oleh penyedia jasa, maka pastikan fitur yang disediakan lengkap, dan menggunakan sistem password dan data pribadi dijaga dengan baik. Hal ini perlu Anda lakukan, untuk mencegah tindak pencurian dari pihak hacker.
Anda juga dapat mengetahui pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa melalui testimoni yang diberikan oleh para nasabah yang menggunakan jasa tersebut.
Dengan mengetahui hal-hal seperti ini, tentunya Anda akan mudah menemukan produk keuangan yang disediakan oleh jasa fintech yang ada, dan Anda pun mudah menemukan jas fintech yang tepat.
Penyedia jasa fintech saat ini memang cukup banyak. Anda sebagai salah satu calon nasabah tentunya harus berhati-hati dalam memilih peneydia jasa yang ada. Jangan sembarang memilih, dan tergiur oleh aneka hal yang ditawarkan, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.