Mengenal Financial Technology dan Aneka Produknya

IPOTPAY

Financial technologi adalah salah satu bentuk teknologi informasi yang bergerak dalam bidang keuangan. Ada beberapa model keuangan baru yang berhasil diterapkan dari adanya financial technology atau yang disingkat menjadi Fintech ini. Model keuangan baru ini mulai diperkenalkan tahun 2004 oleh Zopa, sebuah institusi keuangan Inggris yang menjalankan jasa peminjaman uang, secara online. Berikutnya ada juga perangkat lunak bit coin yang digagas oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008.
Fin Tech ini juga mulai berkembang di Indonesia, ada beberapa jenis financial technoly yang berkembang di Indonesia, antara lain :


1. Startup pembayaran
Tidak semua orang di Indonesia mempunyai kartu kredit, ada beragai alasan mengapa banyak orang Indonesia tidak memiliki kartu kredit, mulai dari permintaan yang tidak kunjung disetujui, hingga yang tidak ingin memiliki kartu kredit. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa penyelenggara financial, membuat dompet elektronik, yang dapat diisi ulang oleh para nasabahnya. Apabila sang nasabah memiliki kartu kredit, maka penyelenggara financial ini akan langsung menghubungkan kartu kredit tersebut dengan layanan yang dimilikinya. Produk ini dapat digunakan untuk membayar beberapa hal, mulai dari PAM, Listrik, Telfon, dll.


2. Produk investasi
Untuk Anda yang menyukai aneka produk investasi secara online, misalnya saja Reksadana. Ada beberapa penyedia layanan financial technology yang bergerak dalam bidang investasi. Anda hanya perlu meghubungi layanan finansial tersebut, dan melakukan investasi di beberapa produk, yang diinginkan. Cara ini tentunya lebih praktis dan tidak ribet. Anda tidak perlu mengunjungi beberapa kantor investasi hanya untuk berinvestasi.


3. Pinjaman
Untuk Anda yang membutuhkan pinjaman, dapat menghubungi beberapa penyedia layanan financial technology dalam bidang pinjaman, mulai dari kredit tanpa agunan, dan hal lainnya. Aplikasi ini tentunya pas, untuk Anda yang membutuhkan dana segar, atau UKM yang membutuhkan dana untuk menyelenggarakan usaha yang tengah dilakukan.
Proses pinjaman yang dilakukan cepat, dan prosedurnya tidak berbelit-belit. Biasanya penyedia jasa ini akan memberikan dana segar secara langsung, atau menghubungkannya dengan salah satu perbankan yang ada, untuk melakukan pinjaman.


4. Riset keuangan
Ada juga beberapa produk layanan keuangan yang bergerak dalam bidang riset keuangan. Yang dimaksud dengan riset keuangan disini adalah Anda yang menyukai berbagai macam produk investasi, mulai dari aneka produk perbankan hingga pasar modal, dapat mengunjungi penyedia jasa yang satu ini. Disini Anda dapat berkonsultasi tentang aneka produk investasi tersebut, dan meminta saran atau opini dari penyedia layanan yang ada. Pemberi layanan akan memberikan berbagai strategi, langkah yang bijak tentang aneka produk investasi dan bagaimana cara melakukannya.


5. Perencanaan keuangan
Untuk Anda yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, maka Anda dapat mengatur perencanaan keuangan dengan menggunakan layanan financial technology dalam bidang perencanaan keuangan. Dengan menghubungi dan menggunakan layanan tersebut, Anda akan memperoleh berbagai macam konsultan keuangan yang akan memberikan saran tentang bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik, selain itu penyedia layanan ini juga menyediakan beberapa macam tools, yang dapat Anda gunakan untuk mengatur keuangan dengan baik.
Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai macam perusahaan yang bergerak dalam bidang financial technoly tersebut, karena sebenarnya perusahaan atau penyedia layanan tersebut sudah dijamin oleh pemerintah, dan didukung oleh Bank Indonesia. Tapi memang ada baiknya ketika Anda hendak menggunakan berbagai layanan yang ada di financial technology atau bahkan melakukan pinjaman tanpa agunan, ada baiknya berhati-hati, dan memilih penyedia layanan yang dapat dipercaya.