Mengenal Keunggulan dan Kekurangan Pinjaman Tanpa Agunan

IPOTPAY

Kredit tanpa agunan adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan, untuk memperoleh dana segar, guna memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup yang semakin lama semakin meningkat. Pinjaman tanpa agunan ini sendiri adalah salah satu produk yang diberikan oleh bank dengan tujuan memberikan kemudahan bagi para nasabah yang membutuhkan dana, tanpa perlu meminta agunan atau jaminan dari nasabah itu sendiri.
Keunggulan kredit tanpa agunan
Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan layanan tersebut :

1. Persyaratan yang lebih mudah

Persyaratan yang diajukan oleh pihak bank untuk kredit tanpa agunan ini tentunya lebih mudah. Nasabah hanya perlu melengkapi beberapa dokumen seperti mengisi formulir, fotokopi KTP, kartu keluarga dan catatan pembayaran kartu kredit pada bulan terakhir. Untuk mengisi formulir ini sendiri nasabah tidak perlu datang ke bank, nasabah dapat mengunduhnya di website bank tersebut.

2. Jangka waktu pencairan cepat

Keunggulan KTA lainnya adalah dapat dicairkan dengan cepat. Jangka watu pencairannya bisa kurang dari 3 hari. Asalkan berbagai macam persyaratan yang diajukan sudah terpenuhi, maka pihak bank dapat segera mencairkannya. Jadi untuk Anda yang membutuhkan dana segar dengan cepat, tentunya ini dapat menjadi solusi tepat.

3. Kredit tanpa agunan hampir ada di setiap bank

Kredit tanpa agunan ini kini sudah ada di hampir setiap bank. Jadi untuk Anda yang membutuhkan KTA, maka ini akan menjadi solusi praktis untuk memperoleh dana segar.


Kekurangan kredit tanpa agunan
Setelah mengetahui beberapa keuntungan dan keunggulan yang akan Anda peroleh, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari KTA atau Kredit Tanpa Agunan, antara lain :

1. Bunga KTA yang relatif tinggi

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh KTA ini adalah bunganya yang cukup tinggi. Alasan mengapa bunga yang diberikan ini cukup tinggi, adalah, karena tidak adanya jaminan dari para nasabah akan pinjaman tersebut. Kondisi seperti ini, sedikit banyak memberatkan nasabah atau Anda dalam hal ini, ketika membayar angsuran KTA.

2. Harus memiliki kartu kredit

Kekurangan berikutnya yang dimiliki oleh KTA ini adalah seseorang yang membutuhkan KTA ini harus memiliki kartu kredit. Bahkan salah satu syarat yang diminta oleh bank untuk masalah KTA ini adalah, nasabah harus memiliki kartu kredit ini setidaknya minimal 1 tahun. Walaupun Anda tidak terlalu sering atau bahkan tidak menggunakan kartu kredit tersebut, namun Anda sebaiknya menggunakan layanan payroll di bank tersebut. Banyak orang orang tidak mengetahui kekurangan tersebut. Hal ini yang selalu menjadi kendala ketika seseorang mengajukan permononan KTA.

3. Limit yang kecil, membuat masa tenor pendek

Kekurangan terakhir yang dimilliki oleh KTA adalah, limit yang kecil, sehingga masa tenornya cukup pendek. Rata-rata bank hanya memberikan kredit maksimal 200 juta, memang tidak sebesar limit maksimal dari kredit multiguna. Akan tetapi limit dari KTA ini sendiri biasanya dilihat dari limit kartu kredit yang dimiliki oleh calon debitur.
Dengan memperhatikan kekurangan dan keunggulan dari KTA ini, Anda sebagai calon debitur atau nasabah yang membutuhkan dana KTA ini, sebaiknya berpikir ulang, dan memperhitungkan masalah cicilan bunga dan hal lainnya setiap bulannya. Selain itu pastikan bahwa cicilan tersebut dapat dibayar secara rutin, dan tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari. Pergunakan dana dari KTA ini sebaik-baiknya, dan sebaiknya pinjam dana KTA ini dari lembaga keuangan atau financial technology yang terpercaya.