Tips memilih Kartu Kredit yang tepat

IPOTPAY

Kartu kredit kini menjadi suatu alat pembayaran yang kerap digunakan saat melakukan transaksi keuangan maupun berbelanja. Bahkan peranannya hampir sama seperti pemakaian uang tunai. Karena di zaman modern seperti saat ini, tak sedikit orang lebih menyukai hal-hal yang sifatnya praktis seperti yang ditawarkan pada credit card ini. Keamanan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit pun menjadi alasan setiap orang yang memilihnya sebagai sebuah alat pembayaran.

Tips Memilih Kartu Kredit Dengan Benar

Bagi Anda yang ingin mengajukan aplikasi permohonan kartu kredit namun bingung memilih jenis kartu yang tepat, berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

1. Ketahui sejumlah biaya yang dibebankan

Faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk ini yaitu sejumlah biaya yang dibebankan, misalnya saja biaya administrasi, bunga, iuran tahunan dan lain sebagainya.

· Kartu Kredit Suku Bunga Tinggi

Kartu yang memiliki suku bunga lebih tinggi umumnya cocok bagi seseorang yang memilih memakai credit card sebagai pengganti dana tunai saat berbelanja, kemudian segera melunasi bayaran credit card setiap bulannya. Sehngga pengeluaran Anda dapat terlacak setiap bulannya. Walaupun mempunyai suku bunga tinggi, credit card jenis ini umumnya memberikan nilai tambah, misalnya menawarkan diskon, point reward, cash back, dan biaya tahunan setiap bertransaksi.

Bila Anda memerlukan credit card misalnya saat membayar tagihan dan berbelanja bulanan, tentu setiap bulannya akan dibayar luas, dengan begitu jenis credit card ini cocok untuk Anda, sebagai catatan sebaiknya pastikan terlebih dulu pada bank penerbit produk tersebut bahwa perhitungan nilai bunga dilakukan sesudah pembayaran tagihan jatuh tempo dan bukan pada saat tanggal transaksi. Bila bunga diperhitungkan saat tanggal transaksi, Anda tetap wajib membayar bunga walaupun setiap bulan Anda membayar lunas tagihan tersebut.

· Kartu Kredit Suku Bunga Rendah

Produk credit card yang memiliki suku bunga rendah, lebih cocok untuk Anda yang biasanya sering membayar kredit dengan cara mencicilnya. Walaupun jenis credit card ini pasti memakai iuran tahunan serta biasanya tak memberi penawaran cash backatau diskon, bila Anda mempunyai sumber pendapatan yang tetap serta cukup untuk membayar semua tagihan tiap bulannya, paling tidak dalam jumlah minimum, dengan begitu suku bunga yang bernilai rendah tersebut menjadi faktor utama untuk memilih credit card ini.

2. Perhatikan Potongan Harga yang Ditawarkan

Pertimbangan memilih kartu kredit yang tepat yaitu tawaran diskon atau potongan harga. Untuk Anda yang suka berbelanja, sebaiknya cari credit card dengan banyak penawaran potongan harga, dimana umumnya sebagai hasil kerjasama antara bank penerbit credit card dengan merchant tertentu. Dalam hal ini Anda bisa memeriksa list penjual yang telah bekerjasama dengan pihak penerbit untuk dipertimbangkan.

3. Memeriksa Layanan Pelanggan

Customer service atau layanan pelanggan termasuk salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih credit card. Sebagai pengguna produk ini, Anda tentu ingin memperoleh pelayanan yang lengkap dan baik dari pihak bank penerbitnya, termasuk layanan untuk transaksi juga pengaduan selama 24 jam dengan pihak petugas yang sigap dan ramah. Bila Anda merasa harus sering menghubungi pihak bank penerbit guna menanyakan berbagai informasi, maka penting untuk memastikan jika layanan customer service yang disediakan oleh pihak bank penerbit tersebut sudah sesuai dengan keinginan.

4. Perhatikan Jangkauan Jaringan

Credit card yang memiliki jangkauan luas sangat cocok bagi Anda yang kerap kali melakukan perjalanan ke luar negeri. Bila Anda termasuk kategori ini, sebaiknya pilih credit card yang menawarkan jaringan luas dan diterima di semua negara, khususnya negara-negara yang kerap kali Anda kunjungi. Pemakaian credit card di mancanegara tentunya akan memudahkan Anda bertransaksi, lebih praktis serta Anda juga bisa lebih menikmati liburan atau perjalanan Anda dengan nyaman.

5. Pertimbangkan Tingkat Keamanannya

Untuk Anda yang lebih memperhatikan keamanan bertransaksi maupun keamanan pemilik credit card secara umum, maka sebaiknya pilih pihak penerbit yang menawarkan keamanan berlebih untuk nasabahnya. Adapun bentuk keamanan tersebut dapat berupa pencetakan tanda tangan atau foto diri yang terdapat dalam kartu kredit, dengan tujuan memperkecil kemungkinan penyalahgunaan pada kartu tersebut. Di samping itu, rata-rata pihak penerbit kartu kredit menawarkan asuransi pada pemegangnya.